KLATEN – SMK Muhammadiyah 2 Jatinom, Klaten punya cara sendiri dalam merayakan kelulusan. Siswa dan siswi kelas XII membagikan 300 takjil dan dua lusin masker kepada pengguna jalan yang melintas di depan sekolah, Minggu (3/5).

Takjil yang dibagikan berupa es buah dan masker. Dibagikan 20 siswa kelas XII jurusan Teknik Permesinan (TP) I. Anggaran berasal dari donasi siswa secara mandri. Aktivitas terpuji ini sebagai wujud rasa syukur siswa atas kelulusan tahun ajaran 2019-2020 ini. Harapannya setelah lulus, mereka segera mendapat pekerjaan sesuai bidangnya.

“Mumpung bulan Ramadan, pembagian takjil ini sesuai kesepakatan musyawarah dengan teman-teman di grup WhatsApp. Takjil kami bagikan kepada pengguna jalan yang melintas. Termasuk petani yang baru pulang dari sawah di depan sekolah,” kata koordinator kelas XII TP I SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Fauzan Yazid Alkhoiri, kemarin (5/5).

Fauzan menilai syukuran dengan berbagi takjil dan masker lebih bermanfaat. Tanpa mengganggu ketertiban lingkungan. Kendati demikian, pembagian tetap memperhatikan protokol kesehtaan pencegahan pandemi virus korona (Covid-19). Yakni menerapkan physical distancing.

“Kami ingin hapus stigma negatif, bahwa tidak semua anak SMK nakal. Sekaligus memberi contoh yang baik kepada adik-adik kelas. Supaya nantinya kalau mereka lulus tidak konvoi. Diganti dengan kegiatan bakti sosial (baksos),” imbuhnya.

Humas SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Muhammad Sungkono terkejut dengan aktivitas terpuji siswanya. “Bangga sekali. Anak-anak yang kami kira tidak punya pemikiran seperti itu, justru berinisiatif mengadakan baksos. Peduli kepada sesama yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19,” Katanya, Selasa (5/5).

Aksi serupa diadopsi siswa kelas XII jurusan Teknik Audio dan Video di Alun-Alun Klaten, Senin (4/5). Kali ini, anggaran penggadaan takjil dari siswa dan donasi guru. “Anak-anak jurusan Teknik Audio dan Video membagikan 50 bungkus nasi ayam dan 50 takjil kolak serta camilan,” bebernya.

Sementara itu, SMK Muhammadiyah 2 Jatinom memiliki 4 program keahlian. Di antaranya Teknik Kendaraan Ringan Kelas Daihatsu, Audio dan Video Kelas Robotic, Mesin Kelas CNC, Teknik Permesinan Industri, serta Multimedia Film dan Animasi. “Total siswa kami 1.306. Tahun ini meluluskan 369 siswa,” paparnya. (ryn/fer)